3.244 KK telah Tercover Program PKH – FAJAR sulsel
News

3.244 KK telah Tercover Program PKH

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Sosial Kota Palopo telah membantu sekitar 3.244 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 12 Ribu jiwa dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Yang mana saat ini sudah tidak dalam bentuk tunai, melainkan dalam bentuk non tunai.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Palopo, Hj Rosnida, SH.,MM kepada Palopo Pos, Minggu 9 Juli 2017. Rosnida mengatakan, bantuan PKH tersebut nantinya menggunakan buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
”Kartunya semacam voucher yang dapat digunakan di ATM bank mana saja. Selain meminimalisir penyelewenangan bantuan, ini juga merupakan upaya mengajak masyarakat untuk berkenalan dengan bank,” ungkap Rosnida kemarin.

Dengan adanya program PKH, sebutnya Pemkot Palopo telah membantu hampir sebagian besar masyarakat miskin yang sesuai data di Dinas Sosial berkisar sekitar 14 ribu jiwa.

”Kita sudah bantu sekitar 3.244 KK, andai 1 KK berjumlah 4 orang, maka kira-kira sudah sekitar 12 ribu jiwa yang bisa tertolong dengan PKH,” jelasnya.

Capaian ini lanjut Rosnida, tak lepas dari peran Wali Kota Palopo, HM Judas Amir yang senantiasa mensupport agar Dinas dan Bidang senantiasa selalu tanggap dalam menjemput program dari pusat.
”Wali Kota selalu memberikan motivasi untuk menjemput program di pusat.

Gunanya agar kita di SKPD dapat menyalurkan ke masyarakat. Untuk itu apabila ada bencana alam atau sosial lainnya seperti kebakaran, silahkan koordinasi dengan lurah dan laporkan kepada kami. Insha Allah kami langsung menyalurkan bantuan logistik,” imbaunya.

Selain itu, dari 24 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulsel, Kota Palopo terpilih bersama lima daerah lain menerima paket bantuan keserasian sosial. Termasuk bantuan mobil dapur umum lapangan (dumplap).

Paket ini merupakan bantuan yang digulirkan oleh Kementerian Sosial untuk daerah rawan konflik di Indonesia yang harus diantisipasi dan penanganan secara holislik dan komprehensif.
Selain paket bantuan keserasian sosial, Dinas Sosial juga menerima bantuan satu unit mobil dumplap. Mobil tersebut adalah mobil dapur umum lapangan untuk tanggap darurat bencana sosial maupun bencana alam.

Dijelaskan, mobil dapur umum lapangan dengan jenis truk dilengkapi box, alat perlengkapan memasak akan digunakan untuk tanggap darurat apabila terjadinya bencana alam. Sehingga bantuan ini sangat dibutuhkan di Kota Palopo karena daerah itu sering terjadi bencana yang membutuhkan dapur umum.

“Selama ini kami hanya menggunakan dapur umum secara tradisional saat terjadinya bencana. Dengan bantuan ini, kami sangat terbantu apabila bencana alam melanda Kota Palopo,” jelasnya. (rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top