Anggota Dewan Kecewa Terhadap BPBD Luwu – FAJAR sulsel
News

Anggota Dewan Kecewa Terhadap BPBD Luwu

BELOPA — Sejumlah anggota DPRD Luwu menyatakan kekecewannya terhadap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu. Pasalnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Luwu ini dinilai kurang optimal melaksanakan Tupoksinya, bahkan terkesan ingin menyalahkan anggota DPRD Luwu.

“Kami kecewa dengan BPBD Luwu, karena banyak kegiatan penanggulangan bencana yang justru tidak tepat sasaran. Giliran kami mau bertanya, malah Kepala BPBD tidak hadir ditempat ini dan yang hadir justru staf yang tidak bisa menjawab lebih banyak,” ungkap Anggota DPRD Luwu dari Partai Nasdem Luwu, Wahyu Napeng Jumat (7/7) lalu pada pembahasan LKPJ TA 2016 Luwu.

Senada hal itu, Anggota DPRD Luwu dari Fraksi PPP, Sukma, mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari masyarakat, yang terkesan menyalahkan anggota DPRD Luwu atas kejadian bencana di Desa Balutan belum lama ini.

“Kami mau mencari tahu, siapa pimpinan atau staf BPBD Luwu yang memberi informasi salah ke masyarakat soal bantuan bencana di Desa Balutan. Masyarakat menyalahkan kami, bahwa anggaran bencana tidak turun di Desa Balutan karena anggota DPRD Luwu yang tidak setuju dan tidak menandtangani usulan dana bencana melalui SK Parsial. Informasi ini sama sekali tidak benar dan sesat,” kata Sukma.

Sementara itu, Ketua komisi II DPRD Luwu Ihlas Redang, mengatakan, yang paling membuat kecewa, BPBD Luwu terkesan kurang memahami Tupoksinya, dimana OPD ini sewaktu dibentuk diberi tugas utamamerencanakan dan mengantisipasi berbagai kegiatan untuk penganggulangan bencana alam. Tetapi kenyataan yang terjadi BPBD Luwu justru lebih banyak terlibat langsung pada kegiatan fisik yang nota bene bisa dikerjakan OPD lain.

“Banyak kerjakan fisik yang dilakukan, tetapi mereka tidak pernah menyodorkan konsep identifikasi dan penanggulangan bencana. Mereka sudah jauh melenceng dari Tupoksinya,” kata Ihlas Redang.
Sementara itu, Kasubag Umum BPBD Luwu, Arifah didampingi rekannya Kasubag Keuangan BPBD Luwu, Ramsiah dan Nirmawati tidak bisa berbuat banyak menghadapi pertanyaan sejumlah anggota DPRD Luwu.

“Kami mohon maaf kepala Badan kami tidak hadir karena dalam waktu bersamaan beliau menghadiri acara melayat pak. ” Kata Ramsiah. (and/ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top