Taufan Pawe,  Wali Kota Pare-pare,  Bagi Tips Kepemimpinan di Fajar – FAJAR sulsel
News

Taufan Pawe,  Wali Kota Pare-pare,  Bagi Tips Kepemimpinan di Fajar

MAKASSAR, RADAR SELATAN. CO.ID — Walikota Parepare Taufan Pawe berbagi tips kepemimpinan di Rapat Triwulan Fajar Group, Senin 10 Juli.
Taufan yang baru-baru ini didaulat sebagai kepala daerah paling inovatif mengungkapkan butuh komitmen semangat berinovasi dalam memimpin sebuah daerah.

Sejak memimpin Pare-pare, Taufan membuat gebrakan di banyak hal. Termasuk mengurangi anggaran makan minum, mengurangi perjalanan dinas dan masih banyak lagi. “Semua berorientasi pada efektifitas. Mengelola pemerintahan harus butuh seni. Harus punya modal semangat pengabdian bukan semangat kekuasaan,” tambahnya.

Persoalan kepemimpinan daerah adalah kemampuan manajerial yang kuat dan tata pemerintahan. Menurut Taufan semua harus taat asas.

Semua jajaran harus melek aturan dan update terhadap regulasi yang berlaku. “Selain taat asas juga harus taat administrasi dan terakhir adalah taat anggaran,” ungkapnya.
Taufan kemudian mengungkapkan kalau Parepare memiliki belanja modal yang lebih besar dari belanja pegawai. “Inilah parepare dalam angka. Itulah kenapa pare-pare bisa melejit.

PAD sekarang 120 persen naik. Totalnya 138 miliar,” terangnya. Untuk APBD Parepare saat ini sudah 1 triliun lebih dengan jumlah penduduk yang hanya 138.699 jiwa.

Ditegaskan Taufan dalam mengelola Pemerintahan yang dibutuhkan komitmen dan pola yang jelas. Mindset harus diubah.

“UU pemerintahan daerah sangat jelas, kalau pemerintahan mau baik perhatikan hak masyarakat yang mendasar,” katanya.

Ia juga menyarankan agar kelola rumah tangga dengan baik dan efisien agar rakyat bisa sejahtera.

“Hak dasar adalah kesehatan dan pendidikan. Untuk urusan ini saya turun langsung untuk mengawasi.”

Ke depan Pare-pare akan mengembangkan sektor jasa di bidang pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan.

Konsep akhirnya adalab medhical tourism dan berdirinya Institut Teknologi Habibie.
Di Parepare Taufan juga menyulap lorong-lorong menjadi bercahaya. Selain itu ada program membangun waterpark terpanjang di Indonesia dan mewujudkan kota industri tanpa cerobong asap. (Rls)

LANJUT RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top