BMI Adakan Kelas Online Menulis Artikel Ilmiah Populer

Selasa, 23 Juni 2020 12:57

Pelatihan BMI. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Di tengah suasana pandemic covid-19, Business and Manajemen Institute (BMI) dengan dukungan Harian Fajar, mengambil inisiatif melaksanakan pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Populer secara virtual.

Pelatihan yang akan dimulai tanggal 29 Juni 2020 ini dikhususkan kepada mereka yang memiliki keinginan kuat untuk menyampaikan ide, gagasan, maupun karya ilmiahnya secara populer melalui media masa.

dengan konsep yang diusung Menulis itu Gampang pelatihan ini bertujuan menarik minat mereka yang selama ini memiliki kapabilitas ilmiah yang mumpuni untuk bisa berbagi dengan masyarakat luas.

“Karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian telah banyak dibuat oleh para akademisi maupun peneliti akan tetapi sebagian besar hanya tersimpan dalam perpustakaan. Demikian pula, begitu banyak peristiwa atau masalah sosial yang terjadi di sekitar kita, dimana kita memiliki kemampuan memahami dan memiliki solusi secara akademik atau saintis, tetapi kita belum memiliki kemampuan mengangkat isu-isu tersebut menjadi suatu karya ilmiah popular. Khasanah dan kemampuan keilmuan seharusnya dapat disumbangkan bagi kepentingan banyak orang agar dapat memberikan kontribusi bagi kemaslahatan orang banyak,” kata Direktur BMI, Muh Nur Alfatah.

Pelatihan ini terbuka untuk umum dengan kekhususan kepada para guru, akademisi, pengamat, dan mahasiswa, untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam rangka terus menjaga budaya literasi melalui karya tulis ilmiah populer.

“Pada kelas online ini, peserta akan mengikuti pelatihan bagaimana peserta memiliki kemampuan teknis mengangkat isu-isu sosial, atau karya ilmiah terpendam menjadi suatu artikel ilmiah popular yang mudah dicerna dan dipahami oleh umum. Melalui serangkaian metodologi dan teknik penulisan peserta akan dibimbing oleh penulis yang berpengalaman untuk dapat menuangkan khasanah akademik, isu-isu sosial atau gagasan empirik kedalam sebuah artikel populer yang mudah dipahami oleh pembaca,” tambahnya.

Komentar