L-PKNM Gelar Pelatihan Peer Educator

Kamis, 25 Juni 2020 08:48
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Lembaga Persaudaraan Korban Napza Makassar (L-PKNM) menggelar pelatihan Peer Educator pada pengguna napza suntik (PWID) dan pasangannya, di Hotel Jolin Makassar, Rabu (24/6/2020).

Pertemuan merupakan salah satu kegiatan pilot project “Community Mobile Harm Reduction Management”, yang diinisiasi Rumah Cemara dan didukung Elton John AIDS Foundation (EJAF), yang kemudian dijalankan L-PKNM Kota Makasaar sebagai mitra lokal.

Pelatihan Ini melibatkan 2 fasilitator, yaitu Sitti Salma ( Makassar Harm Reduction Communty /MHaRC )dan Farid Satria (Koordinator L-PKNM).dan tentunya menerapkan protokol COVID-19.

Pelatihan Peer Educator ini, melibatkan pengguna Jarum suntik (PWID) sebanyak 20 orang , dengan tujuan agar mampu memberikan informasi yang Komprehensif kepada teman sebaya khusunya PWID yang masih aktif Menggunakan sampai saat ini.

Selain itu, salah satu tujuannya, agar mampu membangun kesepahaman dan langkah alternatif dalam mengakses layanan Biomedical, Behavioral dan Struktural disituasi Pandemi COVID-19 saat ini, dan mendorong pemaksimalan peran penting peer educator untuk mendukung efektivitas penjangkauan di lapangan.

Kemudian tujuan lainnya, adalah memberikan informasi kondisi terkini layanan harm reduction saat ini terhadap kelompok populasi berisiko (PWID dan Pasangannya).

Ketua Lembaga Persaudaraan Korban Napza Makassar (L-PKNM), Farid Satria mengatakan, Pelatihan Peer Edukator ini dilaksanakan agar tercipta individu PWID yang berdaya, bertanggung jawab dan mampu menjadi rool model untuk rekan sebaya sesama PWID dalam memberikan informasi kesehatan.

“Semoga ilmu yang didapatkan dalam pelatihan Peer Educator ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan teman-teman Komunitas PWID lainnya,” ucap Farid. (rls/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI