Kanwil Kumham Sulsel Optimis Jumlah Kabupaten Kota Peduli HAM Meningkat

Jumat, 26 Juni 2020 22:31

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Online Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Itu terlaksana dengan menghadirkan Direktur Jenderal HAM Kemenkumham RI, Mualimin Abdi, Direktur Kerja Sama HAM Direktorat Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM RI, Bambang Iriana Djajaatmadja, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto, Sebagai Narasumber pada kegiatan ini, Jumat (26/6/2020).

Acara ini diikuti oleh 100 Peserta yang terdiri dari Biro Hukum Provinsi Sulawesi Selatan, Bagian Hukum Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, BAPPEDA Provinsi Sulawesi Selatan, Bappeda Kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan terkait Penyiapan Data Kabupaten/Kota Peduli HAM tahun 2020.

Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM RI, DR. Mualimin Abdi, SH., MH memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan dimana Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM (P5 HAM) terlaksana dengan baik.

“Terbukti dengan 14 Kabupaten/Kota yang memperoleh Predikat Peduli HAM di provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 lalu. Untuk itu, Kita semua harus berkolaborasi dan bersinergi dengan baik agar mencapai 7 kriteria yg terdiri dari 83 indikator yang terdapat pada Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016,” ujar Mualimin Abdi.

Sementara itu, Kepala kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto optimis raih jumlah Kab/Kota di Sulawesi Selatan meningkat. Ia pun menghimbau agar Seluruh Kab/Kota di Sulawesi Selatan untuk terus berkolaborasi dengan baik untuk capai Predikat Peduli HAM di Tahun 2020.

Komentar