Setahun 29 Ribu Perempuan Makassar Melahirkan, Pemkot Bakal Hadirkan RS Khusus

Sabtu, 27 Juni 2020 22:45
Belum ada gambar

Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Salah satu perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di tengah pandemi Covid-19 adalah memastikan penanganan ibu hamil yang akan melahirkan terbebas dari virus.

Maka dari itu, Pemkot Makassar akan menyediakan rumah sakit ibu dan anak khusus perawatan ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, mengatakan, saat ini rencana Pemkot tersebut sedang dikaji Pemprov Sulsel.

“Sementara disusun di provinsi, karena tidak sembarang menentukan rumah sakit rujukan. Harus siap kamar operasinya, tenaga medis, dan lain-lainnya,” kata Naisyah, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Naisyah, kemungkinan ada satu atau dua rumah sakit yang akan dijadikan tempat khusus ibu hamil. Namun, untuk sementara, perawatan masih dilakukan di Rumah Sakit Dadi dan Sayang Rakyat.

Jika berkaca pada data tahun lalu, kata Naisyah, dalam setahun jumlah ibu yang melahirkan di Kota Makassar mencapai 29 ribu. Hal tersebut tentu menjadi perhatian serius.

“Yang melahirkan tahun lalu 29 ribu. kami hitung mundur ke belakang sisa enam bulan mungkin sisa 15 ribu lagi yang kan melahirkan,” ucapnya.

Bahkan, pihaknya sudah menginstruksikan untuk puskesmas agar melakukan rapid test terlebih dahulu kepada ibu hamil sebelum melahirkan.

“Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas agar seluruh ibu hamil yang mau melahirkan agar diperiksa rapid test sehingga tidak ada lagi ibu hamil yang tidak dirapid test,” katanya. (ikbal/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI