Makassar Punya Potensi Wisata MICE Namun Minim Event Reguler

  • Bagikan

Namun, memasuki masa new normal, Jeffrey optimis pariwisata khususnya bisnis MICE akan bergerak. Pelaku industri MICE mulai bersiap-siap.

Jeffrey yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Asosiasi Penyelenggara Pameran Indonesia (Asperapi) Sulsel mengatakan sejak pandemi covid-19 hanya sedikit event yang bisa berlangsung. Namun, memasuki masa normal baru industri MICE seharusnya sudah bisa mulai berjalan.

"Di Asperapi saja untuk tahun ini ada sekira 1.800-an event yang terjadwal. Namun hanya sekira lima event saja yang baru berjalan. Oleh karena itu, kita para pelaku industri MICE sudah harus bergerak," katanya.

Guna menghidupkan kembali pariwisata khususnya di Sulsel, sejumlah asosiasi termasuk Asperapi mendorong wisata MICE. Hal ini dilakukan agar Makassar sebagai salah satu MICE destination, lebih siap menyongsong era New NorMICE.

Menurutnya, meski bisnis MICE dibuka kembali namun tidak semua kegiatan bisa berjalan. Hanya yang memiliki resiko kecil, seperti seminar dan pameran yang dimana protokol kesehatan dapat diterapkan.

"Kalau seperti konser tidak mungkin kita gelar dimasa seperti ini. Kita tidak mau event kita jadi klaster baru penyebaran korona. Nah kalau seminar atau pameran kita bisa atur pesertanya," ungkapnya.
(mum/fajar)

  • Bagikan