Soppeng Buat Labkesda, Wagub Sulsel: Kita Harus Fokus Pencegahan Bukan Hanya Penanganan

Senin, 29 Juni 2020 14:26
Belum ada gambar

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dalam memperketat upaya penanganan Covid 19 di Sulawesi Selatan, diketahui Pemerintah kabupaten Soppeng mendirikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang dilengkapi dengan alat PCR untuk memeriksa spesimen swab secara mandiri tanpa harus menunggu hasil tes swab dari Makassar.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Soppeng gencar melakukan tes swab dengan menyiapkan mobil tes swab keliling yang mampu menjangkau warganya hingga di daerah pelosok. Pemkab Soppeng juga menyiapkan ruang isolasi khusus COVID-19 di gedung bekas RSUD Ajjapangnge.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi langkah yang diambil Bupati Soppeng dalam menekan laju penyeberan virus Corona di Sulsel khususnya Soppeng.

Menurutnya evaluasi yang digelar pagi tadi meski dilakukan secara virtual, Sudirman berharap dari evaluasi tersebut menghadirkan konsep pencegahan dan startegi baru yang bisa menekan laju penyebaran Covid 19, bukan hanya sekedar penanganan.

“Saat ini kita harus fokus pada pencegahan, jangan sampai kita sibuk dalam hal penindakan seperti mengobati dan membangun rumah sakit. Sementara pencegahan tidak dimaksimalkan,” paparnya pada Senin (29/6/2020) pada Rapat Monitoring, Evaluasi Survailance, Promotive & Preventative Covid-19 yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Menurutnya di sektor hulu dibutuhkan upaya pencegahan yang lebih maksimal agar ada intervensi pertimbangan antara pencegahan dan penanganan.

Sementara itu Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengatakan dalam wabah Covid-19 ini, rumusnya adalah isolasi.b”Mulai Presiden mengumumkan dua kasus (covid-19 pertama di Indonesia), kami mulai siapkan. Mulai APD, penyiapan rumah sakit dan sebagainya,” bebernya.

Ia pun membuat RS yang khusus melayani pasien covid-19. Sehingga memisahkan Pelayanan kesehatan lainnya. Selain itu, dirinya melibatkan berbagai pihak. Tim kesehatan, tim surveilans, TNI-POLRI, Lurah/Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sebagainya. Hingga Pemkab Soppeng berhasil memutus penyebaran Covid-19.

Komentar

VIDEO TERKINI