Tahun ini Unhas Terima 1.723 Mahasiswa Baru Pascasarjana Unhas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Hasanuddin menerima 1.723 mahasiswa baru program magister, doktor, profesi, dan spesialis untuk periode Semester awal tahun akademik 2020/2021. Sebelumnya, Unhas telah melakukan proses seleksi secara daring kepada 2.239 pendaftar yang berlangsung 8-10 Juni 2020.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP, mejelaskan bahwa meskipun kita menghadapi situasi pandemi, namun tidak mempengaruhi antusiasme peminat Unhas. Apalagi, Unhas menerapkan transformasi sistem seleksi yang sebelumnya secara langsung (luring) menjadi sistem daring.

"Peminat kita rupanya tetap tinggi. Kami sebenarnya ingin menerima semua, namun kita tetap harus menjaga agar kualitas input bagus sehingga dapat menjamin proses belajar nantinya juga tidak terlalu berat bagi mahasiswa,” kata Prof. Restu.

Dari 2.239 calon mahasiswa yang mendaftar untuk program doktor, magister, profesi, dan spesialis, Unhas menerima 1.723 mahasiswa. Artinya, sebanyak 516 calon mahasiswa (atau 23%) yang belum dapat diterima.

Meskipun dalam situasi krisis pandemi, dalam proses penyeleksiannya Unhas tetap mengutamakan transparansi dan akuntabel bagi setiap calon mahasiswa yang mengikuti seleksi. Tahapan yang dilewati oleh setiap calon mahasiswa adalah seleksi administrasi, ujian tulis dan wawancara (khusus untuk mahasiswa doktoral, wawancara dilakukan untuk mendalami proposal penelitian yang diajukan).

Adapun rincian mahasiswa baru yang diterima adalah:

  • Program Doktor: 194 orang
  • Program Magister: 909 orang
  • Program Spesialis: 168 orang
  • Program Profesi: 452 orang

Program pascasarjana di Unhas sendiri terdiri atas program monodisiplin yang berkaitan langsung dengan ilmu spesifik dan bernaung pada fakultas. Program lainnya adalah yang bersifat multidisiplin, atau berkaitan dengan beberapa rumpun ilmu.

  • Bagikan