Kanal Kawasan Kesdam XIV Jadi Uji Coba Perdana Excavator Spider Milik Dinas PU

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar kini memperkenalkan sekaligus melakukan uji coba excavator spider miliknya di kawasan kanal Kesdam XIV/Hasanuddin.

Plt Kadis PU Kota Makassar, Nirman Mungkasam, mengatakan, kegiatan pembersihan kanal tersebut juga sekaligus sebagai pelatihan bagi operator.

"Jadi ini pengadaan untuk tahun 2020, awal tahun sekarang alatnya sudah ada, sekarang ini pelatihan untuk operator kami. Jadi kami langsung menunjuk lokasi yang bisa dilakukan pembersihan," ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan diturunkannya alat eskavtor spider terbukti efektif dan proses normalisasi berjalan dengan lancar jika dibandingkan dengan cara manual.

"Ini baru satu, kita mau lihat dulu sebenarnya, apakah berfungsi dengan baik atau tidak di Makassar? Ternyata berfungsi dengan baik," katanya.

Jika proses normalisasi kanal berjalan dengan baik, tidak menutup kemungkinan pihaknya bakal menambah beberapa unit lagi."Kita adakan lagi beberapa tahun ke depan kalau memang Kota Makassar membutuhkan," ungkapnya.

"Kita lihat, kan pelatihannya ini. Kita lihat dulu kondisinya kalau memang bisa dua hari, sampe 3 hari. Inikan sudah banyak jembatan-jembatan kita mau lihat antraksi melewati jembatan lagi," pungkasnya.

Sementara, Humas PU Kota Makassar Hamka Darwis menambahkan bahwa dengan adanya excavator spider ini dapat memudahkan dalam mengerjakan sanitasi.

"Dapat benar-benar dimanfaatkan secara efektif dalam menanggulangi masalah sanitasi pada saluran sekunder dan primer," pungkas Hamka. (ikbal/fajar)

  • Bagikan