Kehadiran Edy Manaf Bisa Dongkrak Elektabilitas Andi Utta di Pilkada Bulukumba

Selasa, 30 Juni 2020 12:33
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Siapa pasangan Muchtar Ali A Yusuf pada Pilkada Desember tahun ini semakin mengerucut. Pilihannya tinggal dua, muncul dari kalangan politisi atau birokrat.

Khusus politisi, nama Anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PAN, Andi Edy Manaf dinilai paling berpotensi.

Mantan calon wakil bupati 2015 itu sebenarnya sudah masuk pada simulasi akan berpasangan Andi Utta, sapaan karib, Andi Muchtar Ali Yusuf. Sebagaimana diketahui, selain Edy, nama lain dari kalangan birokrat adalah Andi Bau Amal, Sekretaris Daerah Bulukumba.

Hal itu dianalisa oleh pengamat politik Unhas, Andi Lukkman Irwan. Menurut dia, kehadiran Edy jika akhirnya gabung akan menguntungkan posisi Andi Utta. Secara, nama Edy Manaf masih sangat dikenal sebagai kontestan pada Pilkada sebelumnya.

“Saya kira dari segi tingkat popularitas, Edy Manaf memiliki kekuatan yang sudah stabil. Ia pernah ada pengalaman masuk dalam kontestasi,” ujarnya, Senin, 29 Juni.

Setidaknya jika dilihat dari kalkulasi politiknya, kehadiran Edy Manaf dalam pencalonan Andi Utta diyakini mampu mengangkat elektabilitas.

Edy selain mampu membawa kursi PAN yang mengontrol empat kursi, juga bisa membawa suara sendiri. Edy pada Pilkada Bulukumba 2015 mampu meraup 31.629 suara berpasangan dengan Andi Masykur Sultan.

Edy kala itu berstatus sebagai anggota DPRD Sulsel untuk periode pertamanya dengan perolehan 16.782 suara. Ia kemudian mundur dan maju pada Pilkada.

Pileg 2019 kemarin, mantan Ketua DPD PAN Bulukumba itu kembali melenggang ke DPRD Sulsel. Perolehan suaranya tidak begitu jauh saat 2014 lalu yakni, 14.479 suara.

“Ditambah lagi Pak Edy dua periode DPRD Sulsel. Saya kira dari sisi keterpilihan akan mendokrak jika berpasangan Andi Utta,” sambungnya lagi.

Komentar

VIDEO TERKINI