Pemkot Makassar Kaji Jalur Khusus Sepeda

Selasa, 30 Juni 2020 19:03

Tingginya minat bersepeda masyarakat perlu diimbangi ketersediaan jalur khusus. Dishub berjanji akan mengkaji jalur khusus sepeda. (Foto: Istimewa)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Tingginya minat bersepeda masyarakat perlu diimbangi ketersediaan jalur khusus. Dishub berjanji akan mengkaji jalur khusus sepeda.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Mario Said minat masyarakat bersepeda menjadi tren saat ini. Perlu diimbangi dengan ketersediaan jalur tersendiri agar lebih tertib dan tidak saling menggangu pengguna jalan lainnya.

Dia mengungkapkan sudah ada beberapa komunitas sepeda yang mengusulkan agar segera dibuatkan jalur khusus sepeda.

”Kami akan koordinasi dengan Dishub Sulsel dahulu, karena kalau yang kami kelola, trotoar diperlebar jadi jalan semakin sempit dan kecil,” bebernya, Senin, 29 Juni 2020.

Mario menjelaskan tetap mempertimbangkan ke depan jalur sepeda bisa dibuat jika memang telah mendapatkan persetujuan pimpinan.

”Kami lapor ke Pak Wali Kota dahulu. Kalau ada arahan dan disetujui maka akan kita kaji lebih jauh. Ini kan Pj Wali Kota baru menjabat sehingga kita belum tahu seperti apa program yang jadi prioritasnya,” imbuhnya.

Anggota Komisi D DPRD Makassar, Yeni Rahman mendukung agar ada jalur sepeda khusus yang dibuat oleh Dishub Makassar. Apalagi jika melihat aktivitas masyarakat saat ini yang jadi tren yakni bersepeda.

”Tentu itu dikaji dulu. Kan tujuannya ada jalur khusus supaya bisa tertib semua di jalan,” tegasnya.

Selain itu, juga perlu diatur di jalan mana saja masyarakat boleh bersepeda. Jangan sampai, semua jalur dibolehkan, tetapi di lokasi tersebut ramai dengan aktivitas misalnya mobil atau truk sehingga berpotensi terjadi kecelakaan.

”Itu gunanya diatur supaya yang suka naik sepeda juga bisa paham dimana saja mereka bisa bersepeda dan dimana lokasi tidak boleh masuk, sebab ada aktivitas lain yang mobilitasnya tinggi,” jelasnya. (abd/rif)

Komentar