Hebat..Barru Terbanyak Desa Mandirinya di Sulsel

Rabu, 1 Juli 2020 15:47
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, BARRU–Target tiga tahun seluruh desa di Barru menjadi desa mandiri. Tahun ini berdasarkan indeks desa mandiri (IDM) menjadikan Barru sebagai kabupaten terbanyak desa mandirinya di Sulsel.

Demikian diungkapkan, Novi Agus, PIC Media Publikasi P3MD Barru, menyebutkan, desa desa di Barru tahun 2020 ini menunjukkan kemajuan yang signifikan. Hal ini dilihat dari IDMnya.

Tahun lalu Barru hanya satu desa yang masuk kategori mandiri. Tahun ini meningkat, hasil pemutakhiran IDM menghasilkan 7 Desa Mandiri, 22 Desa Maju dan 11 Desa Berkembang.

Ini semua didasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa. “Kita lihat desa-desa di Barru terus berkembang,”katanya.

Pemutakhiran Data Status Perkembangan Desa ini melibatkan beberapa pihak diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Kepala Desa, serta Tenaga Pendamping Profesional Tingkat Kabupaten sampai Desa.(rus/fajar)

Komentar