Nurdin Abdullah Harap Warga Lokal Tidak Jadi Buruh di Daerah Sendiri

Rabu, 1 Juli 2020 15:05

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat menerima konjen Australia.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah berharap masyarakat bisa mengasah skil dan kemampuan masing-masing agar tidak menjadi buruh di daerah.

Hal tersebut diungkapkan usai kunjungan rapat tertutup bersama Konjen Australia di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel jalan Sungai Tangka pada Rabu (1/7/2020).

“Kepada orang -orang lokal supaya industri berjalan mereka tidak jadi penonton dan mereka tidak jadi buruh di daerahnya sendiri,” ucapnya.

Kabupaten Bantaeng misalnya, kata dia daerah yang berjarak 137 km dari Kota Daeng itu mampu memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menciptakan kualitas SDM yang mumpuni.

“Contohnya dulu Huadi sebelum saya masih bupati. Huadi itu kita kasih kemudahan tapi catatan satu beri skill kepada orang-orang lokal. Kita bisa lihat selama proses pembangunan saya kirim bergantian itu ke China mereka belajar di sana smalter dan kembali menjadi leader,” beber Nurdin Abdullah.

Menurutnya, kualitas sumber daya alam di Sulsel tidak diragukan. Salah satunya dari sektor pertanian mengingat Sulsel menjadi penyangga pangan Indonesia.

“Salah satu prasyarat orang mau masuk berinvestasi yang pertama mereka tanya bagaimana SDM nya. Maka BLK itu menjadi penting, kalau tenaga kerja sudah punya kinerja bagus, tidak ada lagi jatah perekrutan orang,” tutupnya. (anti/fajar)

Komentar