Pendiri Rumah Cerdas Itu Bernama Bripka Muh Rais, Begini Kisahnya

Rabu, 1 Juli 2020 15:11

Bripka Rais bersama Kapolda Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Warga di Kelurahan Masale beruntung. Mereka tak hanya dijaga. Bripka Muh Rais juga mendirikan kelas belajar secara cuma-cuma.

Rumah Cerdas Bhabinkamtibmas nama sekolahnya. Lokasinya di Jalan Abdullah Daeng Sirua, Lorong VIII, RW04, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukang, Makassar.

Di sekolah ini, siapa saja boleh belajar. Tidak ada batasan usia. Apalagi harus mengeluarkan biaya. Semua itu tidak berlaku. Rais, hanya menginginkan semua anak dan orang bisa membaca dan menulis. Termasuk mahir membaca Al-qur’an.

Siswa di sekolah non formal ini cukup ramai. Setiap harinya, diisi sekitar 20-25 orang anak. Rata-rata anak yang putus sekolah. Bahkan, orang tua anak yang buta huruf, juga ikut belajar. Semuanya berbaur.

Berkatnya, Rabu pagi (1/7/2020), Rais diberikan perhargaan oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe di acara peringatan Hari Bhayangkara yang ke 74 tahun. Ia terpilih sebagai Petugas Binmas tebaik di tingkat Polda Sulsel.

Rais bilang, semoga kehadiran rumah cerdas menjadi amal ibadah buat semuanya. “Karena jujur saja, anak-anak yang datang belajar di rumah cerdasa itu rata-rata putus sekolah. Mereka lebih banyak menghabiskan hari-harinya di jalanan,” kata Muh. Rais.

Anak yang seharusnya mengenyam pendidikan tutur Rais, lebih memilih ikut bersama orang tuanya ke jalanan. Ada yang mengemis, berjualan tisu, dan memulung. Pekerjaan serabutan yang membuatnya tak mengenal huruf sama sekali.

“Jujur saja, warga setempat memang rata-rata ekonomi menengah ke bawah. Bahkan, banyak warga yang tidak sempat mengenyam pendidikan. Makanya, orang tua juga kami ajar mengenal huruf di sini,” beber Binmas Kelurahan Masale, Polsek Panakukang itu.

Rais menyiapkan buku belajar, kursi, serta sarana belajar di ruangan berukuran sekitar 4X6 meter itu dari hasil menyisipkan penghasilannya setiap bulan. Termasuk ada bantuan dari swadaya atau masyarakat setempat.

Komentar