Ternyata, Deng Ical Itu Anak Minasa Upa Tulen

Senin, 6 Juli 2020 14:49
Belum ada gambar

Alam, Tokoh Masyarakat Minasa Upa. (ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Salah satu kawasan pemukiman terbesar di Kota Makassar, Kompleks Minasa Upa (MU), bakal mengikutkan salah satu anak mudanya di pentas pemilihan wali kota Makassar Desember 2020 mendatang. Namanya Dr. Syamsu Rizal alias Deng Ical.

Mantan wali kota Makassar ini ternyata anak Minasa Upa tulen. Ini diutarakan Alam, tokoh Forum Minasa Upa Bersatu, di Warkop 27, Jl Sultan Alauddin, Senin, 6 Juli 2020.

“Puluhan tahun Deng Ical itu jadi anak Minasa Upa. Nanti setelah beranjak remaja, kalau tidak salah pas mulai kuliah, baru meninggalkan MU,” terang Alam.

Alam dan sejumlah anak Minasa Upa lainnya sangat terkenang masa-masa kecil bersama Deng Ical. Mereka kerap maccala’ (tangkap ikan pakai bubung) di beberapa lokasi yang masih rawa-rawa di sekitaran Minasa Upa ketika itu.

Deng Ical cilik tinggal di MU bersama kedua orangtuanya, di Blok B2 No.3. Mulai awal tahun 80-an. DI aktif mengaji di Masjid Darul Muttaqin. Masjid terbesar di MU letaknya di Blok A. Salah satu saksi hidup adalah Guru Mengaji Deng Ical, Muhammad Akib. Kini menjabat Ketua RW 05, Kelurahan

Masa-masa yang juga sulit terlupakan adalah saat ingin berangkat sekolah. Mereka selalu beramai-ramai jalan kaki ke Jalan Sultan Alauddin, lalu masing-masing ambil petepete sesuai tujuan.

Karena DI sekolah di SMP 1, dia selalu naik petepete ke Jalan Kumala lalu meneruskan jalan.

Setelah beranjak remaja, Deng Ical bahkan menjadi pengurus Remaja Masjid Darul Muttaqin. “Jadi kalau Deng Ical sekarang sangat dekat dengan tokoh-tokoh agama, wajarlah. Orang sejak kecil banyak di masjid dan saat remaja asli jadi anak remaja masjid,” kenang Alam.

Komentar

VIDEO TERKINI