Dukung Kompetensi Staf, Unhas Inisiasi Penelitian untuk Tenaga Kependidikan

Selasa, 7 Juli 2020 16:12
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Universitas Hasanuddin mengambil terobosan dengan memberi kesempatan kepada tenaga kependidikan (staf non dosen) untuk terlibat dalam penelitian. Hari ini, Selasa (7/7), berlangsung Penandatanganan Kontrak Penelitian untuk tenaga kependidikan yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat.

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat A, Gedung Rektorat Lantai 4 ini menerapkan standar kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.

Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. H. Nasaruddin Salam, MT, menjelaskan bahwa langkah memberi kesempatan penelitian untuk Tenaga Kependidikan dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi staf administrasi dalam mencari terobosan untuk memberikan pelayanan prima. Selain itu, langkah ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan karir tenaga kependidikan.

“Kita saat ini sedang dalam proses mengalihkan posisi-posisi struktural menjadi jabatan fungsional. Sehingga, dibutuhkan tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan untuk mencari terobosan pelayanan pada unit kerja masing-masing,” kata Nasaruddin.

Unhas membuka kesempatan kepada seluruh tenaga fungsional untuk memasukkan proposal penelitian. Luaran dari penelitian ini adalah publikasi, yang nantinya akan bermanfaat naik jabatan fungsional. Publikasinya tentang unit kerja masing-masing.

Langkah ini sebenarnya pernah dicoba pada dua tahun lalu, namun ketika itu belum dilakukan secara formal. Saat ini, Unhas telah menyiapkan mekanisme formal, sehingga dari segi pendanaan juga dapat dialokasikan.

“Pendanaannya maksimum sepuluh juta rupiah. Proposalnya melewati proses review oleh dua orang, satu dari lembaga penelitian, dan satu lagi dari perwakilan unit kerja tempat mereka bekerja. Selain itu, juga akan diberikan pendampingan kepada proposal penelitian yang lolos,” jelas Nasaruddin.

Hari ini, sebanyak 10 orang tenaga kependidikan menandatangani kontrak penelitian. Selanjutnya, pada tanggal 7 Oktober nanti para peneliti dari tenaga kependidikan ini harus memperlihatkan draft laporan penelitian yang telah mereka lakukan. Total waktu penelitian yang diberikan adalah selama empat bulan.

Komentar

VIDEO TERKINI