Jelang Iduladha, Ternak Harus Miliki Surat Sehat

Selasa, 7 Juli 2020 12:46
Belum ada gambar

ilustrasi ternak sapi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masyarakat diimbau tidak asal membeli ternak, terutama untuk kurban. Penjual mesti memiliki surat sehat dan asal ternaknya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando, mengatakan, ternak yang akan masuk Makassar seharusnya sudah mengantongi surat keterangan sehat dan surat keterangan asal hewan.

“Aturan ini memang sudah jalan jauh sebelum pandemi. Cuma karena situasi sekarang, kesehatan hewan jadi penekanan,” ujarnya kepada FAJAR, Senin, 6 Juni.

Rahman mengungkapkan, Pemkot Makassar juga telah keluarkan surat edaran. Dalam edaran yang beredar pelaku usaha diminta untuk menegakkan protokol kesehatan.

“Selain kesehatan ternak, kebersihan kandang juga kita minta diperhatikan. Juga wajib siapkan tempat cuci tangan dan gunakan masker,” terangnya.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin berharap keberadaan ternak bisa lebih ditata. Apalagi kebutuhan akan meningkat saat dekat momentum Iduladha.

Kata Rudy, Makassar juga tengah berupaya menurunkan angka penularan virus. Dengan begitu segala celah yang berpotensi menimbulkan transmisi lokal harus ditekan. (rdi/rif)

Komentar