Kebutuhan Rumah Sakit di Walmas Mendesak, Legislator Ini Siap Perjuangkan ke Menkes

Selasa, 7 Juli 2020 09:26
Belum ada gambar

Anggota DPR RI, Muhammad Dhevy Bijak Pawindu

FAJAR.CO.ID, BELOPA– Anggota DPR RI, Muhammad Dhevy Bijak Pawindu mendesak Kementerian Kesehatan membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) type C di wilayah Walenrang dan Lamasi (Walmas).

Masyarakat yang berada di enam kecamatan pada wilayah Walmas ini sangat membutuhkan rumah sakit. Menurut anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Demokrat ini, jarak tempuh antara enam kecamatan di Walenrang dengan Ibukota Belopa sangat jauh.

”Mereka harus menempuh perjalanan selama empat jam dari Walmas ke RSUD Belopa. Jaraknya mencapai 100 kilometer,” kata Dhevy kepada FAJAR.

Warga yang sakit harus dirujuk dari Puskesmas ke Rumah Sakit Umum Daerah type C di Belopa. Kemudian dirujuk ke rumah sakit type B di Kota Palopo.

Artinya, pasien harus bolak balik dari Walmas ke Belopa, lalu balik lagi ke Palopo untuk dirawat. Seharusnya, sudah ada rumah sakit type C yang ada di Walmas Supaya masyarakat Walmas tidak bolak balik lagi ke Belopa dan Palopo. Biaya keluarga pasien yang dirawat di RSUD Belopa sangat mahal. Mereka harus menginap di Belopa.

”Saya sudah sampaikan ke Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto usulan pembangunan rumah sakit di Walmas. Saya sudah berikan proposal anggarannya,”ujar Dhevy.

Menkes sudah merespon saat rapat dengar pendapat di Komisi IX DPR RI. Bahkan, menkes sudah bersedia membangun rumah sakit. Anggarannya mencapai Rp70 miliar hingga Rp80 miliar.

Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak mengatakan, telah menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah sakit type C. ”Kita siapkan lahan seluas 5 hektare di Desa Barammamase. Semoga cepat dibangun, ”paparnya.(shd/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI