Lengkap Safety First, Wagub Sulsel Tinjau Lokasi Pembangunan Pengaman Abrasi Pantai di Takalar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman kembali melanjutkan kunjungan kerjanya di Desa Sampulungan, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Kamis (9/7/2020).

Didampingi Bupati Takalar, Syamsari Kitta, Andi Sudirman meninjau proyek Kementerian PUPR pada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Provinsi Sulawesi Selatan.

Lengkap dengan safety first, Andi Sudirman turun langsung berjalan diatas jalanan berpasir melihat pekerjaan pembangunan pengaman abrasi Pantai Kabupaten Takalar. Proyek ini dengan nilai kontrak Rp 10.884.879.000.

Ia pun sempat memasuki pos titik kumpul. Melihat rancangan proyek pengaman abrasi pantai Takalar.

"Alhamdulillah progress sudah 39% pembangunan pengaman abrasi di Galesong Takalar," ujar Andi Sudirman.

"Perencanaan selesai (sekitar) 400an meter hingga akhir tahun 2019. Insya Allah tahap kedua akan dilanjutkan, usulan 2x anggaran 2020 sudah diusulkan untuk 2021," ungkapnya.

Sebelum dikerjakan, lokasi abrasi pesisir itu berdampak ke masyarakat di Desa Sampulungan. Rumah warga bahkan pekuburan terkikis hingga kain kafan terlihat menyembul. Abrasi sudah terjadi sejak tahun 2018 juga pernah membuat tanah pekuburan amblas. Abrasi di pesisir pantai Takalar terjadi di tiga dusun, yakni Dusun Sampulungan, Sampulungan Caddi, dan Sampulungan Lompo. (rls/fajar)

  • Bagikan