Wagub Sulsel Tinjau Bendungan Pamukkulu Takalar, Begini Progresnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman kembali mengunjungi proyek Pembangunan bendungan Pamukkulu Paket 1 Kabupaten Takalar, Kamis (9/7/2020).

Diketahui, Bendungan Pamukkulu ini merupakan salah satu program stategis nasional (PSN) Kementerian PUPR.

Proyek ini sempat terhenti hampir 2 tahun (600 hari). Kontrak proyek ini tahun 2018 lalu. Namun akhir tahun 2019 kembali efektif dikerjakan. Proyek ini sempat terhenti dikarenakan masalah lahan.

Apalagi bendungan ini nantinya bermanfaat langsung untuk masyarakat Takalar sendiri. Bendungan ini akan mencover sawah sekitar 6150 hektar.

Mengenakan kelengkapan keselamaran (safety fist), mulai dari rompi, sepatu hingga topi, Andi Sudirman berjalan menuruni lokasi proyek itu di desa Kale Ko'mara, kecamatan Polongbangkeng Utara, kabupaten Takalar.

Cuaca yang terik disertai jalanan yang menurun, Andi Sudirman berjalan melihat lebih dekat proyek itu.

Sembari jalan pendakian dari lokasi proyek menuju ke atas, Wagub Sulsel berkata, "ini olahraga (terpapar matahari) bisa tingkatkan imun ini," ujarnya disambut tawa beberapa pekerja.

Ia pun menitipkan pesan kepada para pekerja, "semangat ! Jaga protokol kesehatan dan cegah Covid-19," pungkasnya.

Andi Sudirman mengaku bersyukur di tengah pandemi covid-19, bendungan Pamukkulu dalam progres sudah mencapai sekitaran 4%.

"Berbagai persoalan ditemukan di lapangan terkait pembayaran pembebasan 30-an bidang sementara berproses, pembebasan kawasan hutan yang akan di follow up ke KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) pusat untuk 16 hektar yang saat ini sudah lengkap berkas berita acara dan tata batas," jelasnya.

  • Bagikan