Gubernur Resmikan Balla Ewako, Hasil Kolaborasi Forkopimda Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Balla Ewako yang dibangun di Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros menjadi bukti bahwa kolaborasi dan sinergitas TNI, Polri, Penerintah, dan masyarakat sangat kuat dalam menghadapi dan memutus mata rantai penularan covid 19 di Maros.

Hal itu menjadi point dalam sambutan Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah saat meresmika Balla Ewako di Kantor Kepala Desa Sudirman Maros, Sabtu 11 Juli 2020.

Hadir pada acara itu Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, Pj Walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin, Bupati Maros Hatta Rachman, dan tokoh masyarakat lokal.

Balla Rewako, adalah rumah atau tempat yang dibangun jajaran kepolisian Sulsel sebagai tempat edukasi masyarakat tentang covid 19.

Menurut Bupati Bantaeng Periode 2008 - 2018 ini, di Balla Ewako ini jajaran TNI, Polri, pemerintahan dan tokoh masyarakat secara bersama-sama melakukan edukasi tentang tatacara memutus matarantai penularan covid 19.

"Selama belum ditemukan vaksin dan obat anti corona, kita wajib memakai masker, cuci gangan dengan sabun, dan jaga jarak. Kita lindungi diri masing-masing dengan protokol kesehatan yang letat," jelas Nurdin Abdullah, peraih Bung Hatta Award 2017.

Di Balla Ewako ini disiapkan satu ruang isolasi untuk pertolongan pertama warga desa yang positif corona, ada kolam ikan, kebun sayur, dan kebun jamur.

Warga yang terpapar corona namun tidak sakit mereka bisa melakukan aktivitas seperti keseharian di kampung, tetapi dalam pengawasan tenaga medis.(rls/fajar)

  • Bagikan