PNUP Bina Warga Rammang-rammang Berdayakan Potensi Ekonomi Lokal

Minggu, 12 Juli 2020 10:00
Belum ada gambar

Suasana Rammang-rammang. (int)

FAJAR.CO.ID — Politeknik Negeri Ujung Pandang melalui Tim Program Kemitraan yang dipimpin oleh Syamsinar dan beranggotakan Andi Abdul Azis Ishak, M Ridwan Arif, dan Dien Triana, melakukan kegiatan pembinaan kepada warga Rammang-rammang, Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sabtu, 11/7/2020.

Kegiatan dilaksanakan di Aula terbuka yang terletak di area Dermaga 2, Kawasan Pariwisata Rammang-rammang, Kabupaten Maros.

Menurut Syamsinar, melalui program kemitraan ini, warga Rammang-rammang diharapkan memiliki pola pikir, motivasi dan keterampilan untuk berbisnis sekaligus melestarikan budaya.

Secara spesifik, program ini dilakukan melalui beberapa kegiatan, antara lain, pelatihan pembuatan anyaman daun nipah. Selanjutnya, diharapkan mereka akan memasarkan produknya melalui berbagai media baik secara trandisional maupun online.

M Ridwan, salah seorang anggota tim menyatakan bahwa potensi usaha anyaman daun nipah belum dipandang oleh masyarakat lokal sebagai aktivitas yang menghasilkan nilai.

“Mereka masih menganggap sebagai penyaluran hobi dan hanya mengisi waktu. Padahal dusun salenrang, rammang ramang ini sudah menjadi destinasi wisata, yang secara reguler dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara,” katanya.

Olehnya itu, menurutnya, perlu penyaluran potensi tersebut untuk bisa menjadi aktivitas yang menghasilkan nilai bagi masyarakat lokal. Lembaga bisnis harus segera diinisiasi sebagai wadah untuk menyalurkan produk mereka, memperkenalkan, serta menawarkannya di pasar.

Camat Bontoa hadir dan membuka kegiatan ini. Dalam sambutannya, Camat Bontoa berharap, semoga hal ini bisa menjadi awal pengembangan Kawasan Wisata Rammang-rammang. “Termasuk memulai penggunaan produk anyaman lokal untuk berbagai acara,” tuturnya.

Masyarakat setempat sangat berharap segera diwujudkannya usaha pemasaran kerajinan ini, olehnya itu perlu dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat kampus.

Komentar

VIDEO TERKINI