Siapkan Jalur Pesepeda di Pettarani

Selasa, 14 Juli 2020 14:47
Belum ada gambar

alan Pettarani akan di desain untuk jalur sepeda dan jalur hijau -- TAWAKKAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — BBPJN XIII mulai merancang desain ulang Jl AP Pettarani. Perbaikan jalan protokol tersebut akan dilakukan setelah Jalan Tol Layang Pettarani tuntas.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) III Jalan Metropolitan Makassar Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII, Malik mengatakan, perbaikan ulang Jl AP Pettarani mulai digodok. Ada beberapa konsep yang dirancang untuk membuat kondisi jalan utama di Makassar tersebut terlihat berbeda.

Kali ini, BBPJN XIII ingin akses Jl AP Pettarani menjadi jalur hijau. Nyaman bagi mereka yang ingin berolahraga. Salah satunya, untuk warga yang aktif bersepeda, layaknya jalan protokol yang ada di DKI Jakarta.

“Desain kami upayakan segera rampung. Kami ingin ada jalur khusus untuk sepeda. Apalagi olahraga ini sangat digemari, jadi jalur khusus ini membatasi akses untuk kendaraan bermotor,” bebernya kepada FAJAR, Senin, 13 Juli 2020, kemarin.

Malik mengatakan, semua rencana pembangunan di Jl AP Pettarani bukan menjadi tanggungan pemerintah. Pembangunannya menjadi tanggung jawab PT Bosowa Marga Nusantara (BMN) yang nantinya menanggung biasa konstruksinya. Pembangunan ulang ini, merupakan kompensasi atas kerusakan di Jl AP Pettarani akibat adanya pembangunan jalan tol layang.

Selain itu, pihaknya juga mendesain ulang tata letak pipa PDAM. Nantinya, penempatan pipa akan diletakkan di sekitar area drainase yang juga akan dibangun ulang. Aliran drainase pun akan dibenahi.

kita Jl AP Pettarani kembali seperti semula. Desain yang kami buat juga nantinya akan tetapi didiskusikan bersama pihak swasta. Apalagi mereka yang membangun sesuai persetujuan bersama,” tambahnya.

Dirut PT BMN Anwar Toha mengatakan, pihaknya memang menanggung pembangunan ulang Jl AP Pettarani setelah proyek tol layang tuntas. Dia menjelaskan, perbaikan tersebut berdasarkan usulan Balai Besar Jalan Nasional sebagai pemilik jalan.

Komentar

VIDEO TERKINI