Imigrasi Siap Berkantor di MPP Bantaeng

Kamis, 16 Juli 2020 17:15

Foto: Istimewa

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bantaeng mendapat kunjungan dari Kepala Divisi Keimigrasian yang disertai dengan Tim dari Kantor Imigrasi (Kanim) Makassar.

Maksud kedatangan rombongan itu untuk menjajaki rencana kehadiran pelayanan keimigrasian.

Kedatangan Kadiv Imigrasi Sulawesi Selatan, Dodi Karnida, disambut langsung oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM PTSP) Muhammad Tafsir dan Kepala Seksi Perizinan, Mahatir.

Rombongan langsung melakukan peninjauan serta berdialog dengan petugas pelayanan yang kesemuanya ialah wanita berseragam dan memakai Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap.

Pada kesempatan tersebut Mahatir menyampaikan bahwa MPP yang telah beroperasi sejak tahun 2019 lalu itu saat ini telah diisi dengan pelayanan perizinan usaha, Dukcapil, Surat Kesehatan untuk memohon SIM dan pelayanan perbankan.

Rombogan imigrasi selanjutnya meninjau ruangan yang rencananya disiapkan untuk pelayanan keimigrasian, meninjau pasokan listrik dan koneksi internet/jaringan karena menurut Dodi, dalam memasukkan data, foto, sidik jari pemohon paspor harus secara online terhubung dengan Pusat Data Keimigrasian (Pusdakim) Direktorat Jenderal Imigrasi-Jakarta.

Selanjutnya, Dodi menyampaikan selamat kepada para warga Kabupaten Bantaeng yang telah memiliki fasilitas kemudahan pelayanan publik dari pemerintah daerahnya.

“Mudah-mudahan kami dapat segera bergabung untuk melakukan pelayanan keimigrasian. Sehingga, kebijakan Kementerian Hukum dan HAM untuk melakukan pelayanan mendekat kepada rakyat/masyarakat akan semakin nyata. Masyarakat pun menjadi lebih nyaman dan efisien karena tidak harus datang jauh-jauh memohon paspor ke Kanim Makassar,” urainya.

Dalam tahap awal, pihaknya akan melayani WNI terlebih dahulu berupa pelayanan paspor untuk seluruh WNI dari manapun mereka berasal dan tidak terbatas bagi para pemegang KTP Kabupaten Bantaeng saja.

Komentar