Tingkatkan Kompetensi Warga Binaan, Rutan Selayar Kerjasama dengan BLK

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SELAYAR-- Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan dan Narapidana Rumah Tahanan Negara Kelas IIB (Rutan) Selayar, Yusrati melakukan koordinasi dengan Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kepulauan Selayar di kantor BLK Selayar, Rabu (15/07/2020).

Pertemuan ini membahas kerjasama Rutan Selayar dan BLK Selayar terkait peningkatan kompetensi warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Selayar.

"Peningkatan kompetensi akan dilakukan melalui pelatihan kerja dalam berbagai bidang. Sehingga diharapkan warga binaan yang mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan bakatnya," kata Yusriati.

Kegiatan pelatihan kerja ini sangat mendukung fungsi pembinaan yang selama ini dilakukan di Rutan Selayar. Rutan Selayar sendiri memiliki beberapa program pembinaan untuk WBP seperti bimbingan kerohanian dan bimbingan kerja.

Bimbingan kerohanian dilakukan melalui kegiatan pengajian pekanan, pelatihan baca tulis Al-Qur’an, dan Yasinan setiap Kamis malam. Adapun untuk bimbingan kerja yang telah dilaksanakan seperti bimbingan pembuatan kerajinan dari kertas, pertukangan kayu, serta menjahit.

Pelatihan kerja yang akan dilaksanakan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kemandirian warga binaan, sehingga ketika mereka sudah selesai menjalani masa pidana akan mudah mendapatkan pekerjaan di tengah masyarakat.

Dengan demikian, warga binaan memiliki penghasilan dan kegiatan yang positif sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi.(rls/fajar)

  • Bagikan