PMI Kerahkan Mobil Hagglund ke Luwu Utara

  • Bagikan

Fajar.co.id -- Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mengerahkan satu unit kendaraan hagglund untuk digunakan sebagai kendaraan taktis di Masamba, Kabupaten Luwu Utara yang tertimpa bencana banjir bandang pada Senin malam (13/7/2020).

Kendaraan hagglund ini dapat beroperasi di medan yang berlumpur yang tidak mudah dilalui kendaraan lain.rencananya mobil segala medan ini akan diberangkatkan pada hari ini, Jumat (17/7/2020) via kapal laut dan diperkirakan akan tiba di Makassar pada Senin (20/7/2020). Selanjutnya akan langsung dibawa ke lokasi bencana.

Ketua Komite Operasi PMI Pusat, Husain Abdulllah, mengatakan, pengiriman mobil hagglund tersebut atas instruksi Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla untuk melakukan bantuan operasi evakuasi dan operasi lainnya.

Menurut Husain, mobil hagglund ini sering digunakan oleh PMI di daerah bencana alam yang sulit dijangkau oleh kendaraan lainnya. Seperti tsunami Aceh, gunung merapi, gempa dan tsunami palu, tanah longsor Jawa Barat dan beberapa kota lainnya yang pernah mengalami bencana.

Sementara itu, banjir bandang di Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, merusak puluhan rumah warga dan mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia. Hingga saat ini proses pemulihan sisa banjir masih berlangsung. (rls)

  • Bagikan