Wakil Rektor I Unismuh Lepas Tim FKIP Peduli Banjir Luwu Utara

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar – Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Makassar Dr Abd Rakhim Nanda melepas kepergian tim relawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Tim akan mengantarkan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir bandang di Luwu Utara. Pelepasan digelar di pelataran parkiran Unismuh Makassar, Jumat, 17 Juli 2020.

Rakhim Nanda berpesan agar tim relawan melakukan aksi sosial tersebut dengan tulus ikhlas. Pimpinan Universitas, lanjut Rakhim, sangat mendukung Gerakan kemanusiaan yang dijalankan FKIP Unismuh tersebut.

Sementara itu Dekan FKIP Unismuh Makassar Erwin Akib menyampaikan terima kasih atas dukungan Pimpinan Universitas.

“Alhamdulillah kita juga sudah menambahkan bantuan berupa 2.200 lembar masker untuk masyarakat Luwu Utara. Selain itu, kita juga sudah menyiapkan sekitar 500 lembar pakaian dalam untuk ibu-ibu dan remaja. Informasi kebutuhan ini kami peroleh dari Pemerintah Kabupaten Luwu Utara,” tambahnya.

Selain itu, Tim FKIP telah menyiapkan sejumlah kebutuhan konsumsi seperti 200 dos air mineral, 900 kaleng susu cair, 500 buah susu kemasan dos, dan 20 dos biskuit. Kebutuhan penerangan yang disiapkan berupa 2000 batang lilin. Pakaian layak pakai juga telah disiapkan belasan karung.

Program kemanusiaan FKIP Unismuh memang telah menjadi salah satu bagian dari kegiatan pengabdian Masyarakat yang dikemas dalam bentuk “Gerakan Ta’awun”. Program ini diluncurkan sejak 1 Juni 2020, bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh tim gabungan BPBD Sulsel di lapangan diketahui, ratusan rumah warga di Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dihantam banjir bandang pada Senin malam (13/7). Untuk status data korban hingga Jumat (17/7), pukul 17.00 WITA, jumlah korban sebanyak 1.594 orang, selamat 1.542 orang, meninggal dunia 36 orang, dan dalam pencarian 16 orang. (rls)

  • Bagikan