Gunakan Helikopter Super Puma, Gubernur Sulsel Tinjau Lokasi Bencana Banjir Masamba

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr Ir Nurdin Abdullah bersama segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel lainnya, meninjau lokasi banjir yang melanda Luwu Utara lewat Udara, dengan menggunakan Helikopter TNI AU type Super Puma H-3213 dari Skadron Udara 6, Kamis (16/7/2020).


Pesawat yang diterbangkan Mayor Pnb Nugroho Tri/Kapten Ryan, Take Off di Bandara Bua Kabupaten Luwu pada pukul 11.02 Wita (mundur dari rencana awal berangkat jam 09.30 karena terkendala cuaca kurang bersahabat dan hujan).


Captain Pilot Mayor Pnb Nugroho Tri, ketika diminta keterangannya mengatakan, sebelum landing di Bandara Andi Jemma Masamba, Bapak Gubernur melalui interkom pswt request kepada Captain Pilot untuk memutari wilayah yang terdampak banjir demi melihat langsung kondisi rakyat Masamba yang tertimpa bencana.


“Walaupun dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan visibility terbatas, kami berusaha memenuhi permintaan Bapak Gubernur dengan tetap mengutamakan keselamatan penerbangan sehingga bisa landing aman di Masamba pada pukul 11.40 WITA,” ungkap Captai Pilot Mayor Pnb Nugroho Tri.


Sementara itu, Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.IP, mengatakan, di samping mengerahkan Helikopter, untuk melakukan SAR, evakuasi Korban dan droping logistik, pihak TNI Angkatan Udara juga mengerahkan Pesawat Intai Strategis Boeing 737-200 untuk memantau situasi daerah yang terdampak banjir melalui udara.


Pesawat Intai Strategis Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, diterbangkan Kapten Pnb Panji Take Off dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 11.16 Wita menuju sasaran dan landing kembali pada pukul 13.34 Wita.

  • Bagikan