Bakal Pasangan Calon Perseorangan, Nur-Ilyas Hanya Penuhi 14.850 Dukungan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan Pilkada Maros digelar Selasa, 21 Juli 2020.

Dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros tertuang bahwa syarat dukungan Bakal Pasangan calon perseorangan, Muhammad Nur-Muhammad Ilyas Cika masih kurang.

Pasalnya, hingga terakhir verfak hasilnya paslon yang dikenal dengan tagline Baret Cella (Barcel) hanya berhasil mengumpulkan 14.850 dukungan.

Akan tetapi, jumlah tersebut belum bisa mencukupi syarat dukungan. Karena, syarat minimal dukungan yang harus dipenuhi sebanyak 24.505 dukungan.

Komisioner KPU Maros Divisi Teknis Penyelenggaraan, Mujaddin, menjelaskan bahwa pasangan balon bupati dan wakil bupati Maros jalur Independen ini hanya mampu memenuhi 14.850 dukungan.

Sehingga, kata dia, yang bersangkutan masih memiliki kekurangan sekitar 9.655 dukungan.

"Untuk syarat minimal dukungan itu kan 24.505, jadi mereka masih kekurangan 9.655 dukungan karena hanya mampu memenuhi 14.850 dukungan," jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, tim Baret Cella diberi masa perbaikan untuk mencukupi kekurangan tersebut.

"Jadi mereka diberi kesempatan untuk mencukupkan kekurangan itu hingga 27 Juli mendatang. Waktunya masih sepekan," paparnya.

Dia juga menjelaskan bahwa untuk mencukupkan kekurangannya itu pasangan bakal calon harus mengumpulkan dua kali dari jumlah kekurangan. "Pasangan ini harus mengumpulkan sebanyak 19.310 dukungan," sebutnya. (rin)

  • Bagikan