Dekatkan Layanan Imigrasi, Kanim Parepare Buka Kantor ‘Dadakan’ di Pinrang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PINRANG-- Hari ini, Kamis (23/7/2020), warga Pinrang mendapat kehormatan khusus karena Kantor Imigrasi (Kanim) Parepare turun langsung mendekat ke masyarakat pemohon paspor untuk dilayani di tempat yaitu di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Pinrang.

Sejak pukul 08.00wita petugas imigrasi Parepare yang dipimpin oleh Nyoman Arsila Kepala Seksi Lalintuskim sudah mulai mencoba jaringan internet karena untuk entry data berkas permohonan, wawancaran, foto dan sidik jari pemohon paspor harus tersambung secara online dengan Pusat Data Keimigrasian (PUSDAKIM) di Jakarta.

“Sampai kemarin sore sudah terdapat sekitar 30 berkas permohonan paspor dan mudah-mudahan dengan penyebaran informasi yang dilakukan Pemda Pinrang sejak awal minggu ini, permohonan bisa melebihi angka 50 sehingga banyak masyarakat yang diuntungkan karena tidak harus repot-repot memohon paspor pergi jauh-jauh ke Parepare,” katanya.

“Pelayanan paspor seperti ini hanya dilakukan kepada pemohon paspor baru dan penggantian paspor biasa sedangkan jika ada penggantian paspor karena hilang atau rusak, maka prosesnya harus dilakukan di Kanim Parepare karena harus melalui proses Berita Acara Paspor Hilang/Rusak yang tersambung dengan sistem," tambahnya.

Pelayanan paspor ini juga dihadiri juga oleh Dodi Karnida, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan dan sedang menyusul Kharun Sulianto Kakanwil Kemenkumham Sulawesi yang masih dalam perjalanan dari Makassar.

“Kami berkomitmen untuk melakukan pelayanan terbaik bagi masyarakat, mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat," kata Dodi Karnida yang baru bertugas di Sulawesi Selatan ini sejak 16 Maret 2020 lalu. (rls/fajar)

  • Bagikan