Inovasi Bendera Saskia Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Senin, 27 Juli 2020 21:00

Inovasi Bendera Saskia Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Kabupaten Bantaeng, di tangan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin tak henti – hentinya menorehkan prestasi membanggakan.

Prestasi itu kini berada pada tingkat nasional. Bantaeng menjadi satu – satunya Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 dan 5 Pemenang Outstanding Achievement Of Public Service Innovation 2020.

Lomba Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI. Peserta lomba inovasi diikuti oleh sejumlah Kementerian, Lembaga, Provonsi, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah.

Bantaeng memperkenalkan inovasi layanan publik Satu Bendera, Satu Sasaran Ibu dan Anak atau yang disingkat dengan nama “Saskia”. Inovasi ini berasal dari Puskesmas Sinoa, Kecamatan Sinoa yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Kepala Puskesmas Sinoa, Iwan Setiawan yang merupakan inovator Bendera Saskia mengatakan, bersyukur karena dapat meraih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan RB RI.

“Tentunya keberhasilan ini merupakan bentuk sinergitas kami, terutama teman – teman Bidan Dusun yang luar biasa. Teman – teman telah bekerja maksimal kurang lebih tiga tahun,” kata Iwan Setiawan, Senin (26/7).

Sebagai pengabdian tahun ketiga, Puskesmas Sinoa diajak untuk mengikuti lomba inovasi pelayanan. Mulai dari tingkat provinsi, jaringan inovasi pelayanan publik, sampai pada lomba di Kemenpan RB.

“Sinergitas ini juga datang dari teman – teman di kecamatan. Dukungan dari camat, PKK, tokoh – tokoh masyarakat, kepala desa, kader posyandu. Karena mereka inovasi ini bisa berlanjut sampai sekarang. Sebagai buktinya sekarang kita meraih penghargaan,” kata dia.

Komentar