Pelaku UMKM Perikanan dan Kelautan Apresiasi Podcast KataNone

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Program KataNone terus mendapatkan apresiasi dari asosiasi Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM). Kali ini, tanggapan positif datang dari Ketua Asosiasi UKM Produk Olahan Perikanan dan Kelautan Makassar, Askari Aziz.

Askari mengatakan, KataNone yang diinisiasi Irman "None" Yasin Limpo, sangat membantu UMKM. Apalagi, melalui podcast yang disiarkan melalui platform media sosial Facebook dan Instagram tersebut, mereka secara langsung dibantu dalam hal pemasaran produk.

"Tentu saja jika dibantu pemasaran produk hingga modal, itu sangat membantu UMKM. Apalagi, sudah empat bulan terakhir sejak pandemi Covid-19, UMKM sangat terdampak," kata Askari, Selasa, 28 Juni 2020.

Ia juga mengapresiasi rencana Staf Ahli Bidang Ekonomi Pemprov Sulsel tersebut yang merancang market place gratis untuk UMKM. Pemilik produk bakso ikan Eltisyah ini mengakui, profit share market place memang sangat membebani pelaku UMKM.

"Profit share-nya itu sekitar 20 sampai 25 persen. Kalau memang disiapkan market place gratis, ini tentu sangat membantu kami para pelaku UMKM," ujarnya.

Sebelumnya, dua asosiasi entrepreneur juga menyampaikan dukungannya. Yakni Smart Entrepreneur Indonesia (SEI) dan Celebes Entrepreneur Association (CEA).

Ketua SEI, Lily Nuryah, mengatakan, program seperti KataNone sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM, khususnya di Makassar. Mereka sangat membutuhkan bantuan agar bisa mensupport produksi mereka, apalagi di masa pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19, paling parah teman-teman UMKM yang terkena imbas langsung," kata Lily.

  • Bagikan