Teliti e-Government di Pemprov, Sudirman Karnay Raih Doktor

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dosen Ilmu Komunikasi Unhas, Sudirman Karnay berhasil memperoleh gelar doctor dalam bidang administrasi public setelah mempertahankan disertasi pada sidang promosi denga judul disertasi Penerapan Electronic Government pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan.

Sidang yang dipimpin Prof Dr Akmal Ibrahim itu menghadirkan penguji eksternal Prof Dr Hedar Akib, M.Si dengan pelaksanaan sesuai protokol Covid 19 dan tidak mengizinkan undangan masuk dalam ruangan melainkan dengan link Youtube Fisip Unhas.

Menurut Sudirman, menerapkan e- Government pada bidang pemerintahan, harus memenuhi tiga elemen sukses yaitu elemen support, capasity dan value.

Dari aspek support, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa organisasi memiliki daya dukung yang besar dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan melalui kebijakan sebagai bentuk dukungan pelaksanaan e-Government di Sulsel, sedangkan dimensi capacity penerapan e-Government telah ditunjang dengan tersedian sumber daya manusia meskipun diakui Sudirman, belum maksimal.

Dari aspek value, pelaksanaan e-Government lebih dominan pada level pulikasi sebagai media informasi.

Penggunaan website, menurut dosen Komunikasi Unhas ini, masih pada tahap penyampaian informasi interaktif antar OPD (G to G), sedangkan hubungan dengan dunia bisnis (G to B) dan kepada masyarakat (G to C) diakui Sudirman sudah masuk pada fase interaksi dan transaksi. (rls/fajar)

  • Bagikan