Kakanwil Kemenkumham Sulsel Apresiasi Inovasi Lapas Watampone Menuju WBBM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan Harun Sulianto Kunjungi Lapas Watampone Rabu (29/07/2020). Kunjungannya untuk melakukan pembinaan dan monitoring terhadap kesiapan Satuan Kerja (Satker) tersebut dalam rangka pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Lapas Watampone pada tahun 2019 telah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

"Untuk menuju WBBM harus terus memperbanyak Inovasi unggulan.yg dampaknya mempermudah, mempercepat, menghemat waktu, biaya dan memberikan nilai tambah bagi peningkatan pelayanan publik. hadirkan layanan birokrasi berkelas dunia dan dipublikasikan secara masif kepada masyaralat," kata Harun.

Kepala Lapas Watampone Lukman Amin mengatakan bahwa pihaknya telah menciptakan beragam inovasi, yakni Layanan Tamu (Tatap Muka) merupakan Layanan kunjungan online yang memanfaatkan aplikasi whatsapp, Layanan Koran (Kotak Saran) merupakan layanan penyediaan kotak saran/aduan dan keluhan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat (pembesuk), dan Layanan Mari Memasak (Mama) merupakan layanan dasar sebagai kodrat wanita yang senantiasa memiliki naluri memasak.

Selanjutnya, ada inovasi Layanan BPKB (Bapak Ke Blok) yang merupakan layanan kunjungan langsung bapak kalapas ke setiap kamar dan blok hunian untuk melihat langsung kondisi dan permasalahan dari warga binaan pemasyarakatan, Layanan SIM (Senyum Indah Menawan) merupakan Layanan dari Duta Pelayanan yang senantiasa menyapa masyarakat dengan setulus hati dan setiap saat, Layanan STNK (Sidak Tanpa Kekerasan) merupakan Layanan Inspeksi mendadak (Sidak) baik yang dilakukan secara berkala maupun insidentil yang senantiasa mengutamakan etika dan Layanan Umroh (Jumat Rohani) merupakan layanan dengan melaksanakan kegiatan rohani setiap hari jumat.

  • Bagikan