Rahmat Taqwa: Sebaiknya Takbir Keliling Ditiadakan

Kamis, 30 Juli 2020 15:29

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Anggota DPRD Kota Makassar Fraksi PPP, Rahmat Taqwa menyerukan kepada warga Kota Makassar agar tidak melaksanakan takbir keliling di malam perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Ia berpesan kepada masyarakat untuk bertakbir di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing, atau sebaiknya di masjid dengan memperbanyak lantunan doa dan shalawat Nabi Muhammad SAW.

“Sebaiknya jangan ada konvoi di jalan. Lakukan di rumah masing-masing, di lingkungan tempat tinggal dan masjid. Lebih bagus kita perbanyak doa dan shalawat,” papar Rahmat.

Meskipun pemerintah tengah menerapkan tatanan kenormalan baru, namun bukan berarti wabah ini sudah hilang. Ia menghimbau jika memang ada perkumpulan takbir di sekitar rumah, harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan lupa protokol kesehatan, minimal pakai masker. Jadi budaya malam takbiran tetap dilaksanakan tapi juga harus pakai masker. Kita semua berkewajiban mencegah penularan wabah. Karena itu termasuk dari ibadah juga,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kini mengizinkan masyarakat melakukan konvoi saat malam takbiran Iduladha. Hal ini berbeda dari kebijakan Pemerintah saat lebaran Idulfitri lalu.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menyebut, masyarakat bisa saja konvoi merayakan malam takbiran, asalkan menerapkan protokol kesehatan yang benar.

“Kalau saya bisa menyarankan kepada warga kita seandainya ada konvoi di lakukan secara teratur dan tertib ia tidak bergerombol terlalu banyak yang terpenting protokol kesehatan dilaksanakannya menggunakan masker,” ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Kendati demikian, Rudy mengingatkan kepada masyarakat jika tidak menjalankan protokol kesehatan maka akan ditertibkan oleh petugas. Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tertib di jalan. (endra/fajar)

Komentar