WR V Didaulat Jadi Khatib, Angkat Tema Pembelajaran Iduladha Kaitkan 3 Pilar Utama UMI

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar -- Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar salat Idul Adha 2020/1441 H secara berjamaah di Musollah Lantai 10 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Makassar, Jumat (31/7/2020).

Shalat Ied yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat ini diikuti oleh pimpinan UMI mulai dari pejabat Yayasan Wakaf UMI, Rektor dan Wakil Rektor dan Ketua LPkM UMI serta Ketua MT Ukhuwah UMI.

Dari pihak Rektorat, tampak Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding, S.E, M.Si, WR I Dr. Ir. Hanafi Ashad, M.T, WR II, Prof. Dr. H Salim Basalamah, M.Si, WR III Prof. Dr. H La ode Husen M.H, , dan WR V Prof. Dr. Ir. Hatta Fattah, M.S.

Dalam kesempatan itu, Prof Hatta Fattah yang didaulat menjadi Khatib membahas tema khutbah bertajuk 'Pembelajatan Idul Kurban dan Revitalisadi Identitas Institusi'.

Prof Hatta memaparkan bahwa pembelajaran penting dalam idul adha kali ini tetap terbingkai dalam 3 pila utama pendirian UMI yakni Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah, dan Akhlaqul Karimah.

"Pembelajaran Idul Adha pada kesempatan yang terbatas ini, saya sampaikan dengan merujuk pada tiga pilar pendirian UMI yakni Ilmu, Amaliah, dan Akhlaqul Karimah. Nabi Ibrahjm AS mengjarakn kita untuk terus memurnikan keimanan kepada Allah SWT, termasuk dengan cara mengasah logika untuk meneguhkan tauhid kita. Agama atau nasehat agama itu diperuntukkan bagi mereka yang berakal, maka dari itu, mari gunakan pikiran, hati, dan juga rasa dalam memahami dan menjalankan ajaran agama," papar Prof Hatta.

  • Bagikan