Kurikulum Darurat di Masa Covid-19 Segera Diluncurkan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan, bahwa kurikulum darurat untuk pendidikan di masa pandemi corona (covid-19) tidak lama lagi akan segera diluncurkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyatakan, bahwa kebijakan kurikulum darurat tengah memasuki tahap finalisasi dan akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

“Waktunya sudah sangat dekat kok. Sekarang ini bukan sedang mengkaji, tapi sedang diselesaikan. Jadi mohon ditunggu,” kata Nadiem saat kunjungan ke SMP Muhammadiyah Bogor, seperti ditulis Jumat (31/7).

Nadiem mengutarakan, bahwa garis besar dalam kebijakan kurikulum darurat ini, nantinya para guru tidak diwajibkan untuk menyelesaikan kompetensi dasar dalam mengajar.

“Tujuannya memberikan guru kepercayaan diri untuk melakukan penyederhanaan atau perampingan terhadap konten atau materi kurikulum,” ujarnya.

Penyederhanaan kurikulum ini, kata Nadiem, sekaligus menyelesaikan permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi covid-19. Menurutnya, kendala besara dalam PJJ ini, salah satunya terkait kurikulum.

“Saya bergarap, adanya kurikulum darurat guru bisa lebih fokus terhadap esensi pengajaran. Paling penting, siswa mengerti apa yang sedang dipelajari,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Naim menambahkan, bahwa kurikulum darurat di tengah pandemi tak lama lagi akan diluncurkan. Ia meminta, seluruh pihak untuk bersabar.

“Kurikulum penyederhanaan dalam proses penyelesaian, sedang difinalisasi,” kata Ainun.

  • Bagikan