KKN UNHAS Bertema Covid-19, Posko Pinrang 2 Lakukan Penyemprotan di Pasar Tradisional

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Gelombang 104 Universitas Hasanuddin dengan tema bersatu melawan Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru dilaksanakan oleh mahasiswa di daerah domisili masing- masing.

Kegiatan KKN tahun ini diimbau agar mengikuti protokol kesehatan dan koordinasi dilakukan secara daring.

Dimulai Juni 2020, di bawah bimbingan Surya Hariyanto ST MT selaku dosen pengampuh KKN dan ketua posko Dandi Jumadi mahasiswa Fakultas Teknik angkatan 2016, posko KKN Pinrang 2 beranggotakan 20 orang telah melaksanakan program kerja kelompok.

Salah satunya penyemprotan cairan disinfektan di tiga pasar tradisional yaitu Pasar Kariango Desa Pananrang Kecamatan Mattiro Bulu, pasar Tuppu Kecamatan Lembang dan pasar Jampue Kecamatan Lanrisang sehari sebelum hari pasar, serta pemasangan spanduk protokol adaptasi kebiasaan baru di pasar.

Penyemprotan dilakukan sebanyak dua kali sepekan dengan memanfaatkan alat-alat yang telah dimiliki oleh anggota posko maupun dipinjamkan oleh warga sekitar. 

Selain penyemprotan pasar, mahasiswa KKN posko Pinrang juga melaksanakan program kerja individu yaitu pembuatan poster, video, pelaksanaan Instagram Live berfokus pada mengedukasi masyarakat mengenai adaptasi kebiasaan baru, pembagian masker, hingga pembuatan aplikasi berbasis android mengenai info Covid-19.

Program kerja tambahan juga dilaksanakan oleh beberapa anggota posko seperti membantu kecamatan setempat dalam pembangunan posko desa Balla Ewako serta pendampingan penerimaan bantuan langsung tunai desa (BLTD) dana desa.

  • Bagikan