Bersama Dilan, Dunia Seni Makassar Diyakini Akan Lebih Berkembang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sejumlah musisi Makassar menyampaikan kegelisahan dan harapan terkait perkembangan dunia seni di tengah pandemi COVID-19. Wabah virus corona diketahui berdampak langsung pada dunia seni, dimana pendapatan mereka anjlok. Tak ada lagi undangan mengisi acara, seperti konser maupun teatrikal. Hal itu lantaran pemerintah melarang semua kegiatan yang menghadirkan banyak orang.

Salah seorang musikus Makassar, Angga, menyampaikan dirinya benar-benar merasakan dampak pandemi COVID-19. Setiap bulan, ia kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga karena kurangnya undangan mengisi acara musik. Beruntung, ada event #ngejambarengpakdoktor yang diinisiasi Bakal Calon Wakil Wali Kota Makassar, Dokter Fadli Ananda. Ia pun ikut ambil bagian dan berhasil menang.

"Dampak COVID-19 ini benar-benar terasa untuk kami, pekerja seni. Tak ada pekerjaan. Ya untungnya ada ide kreatif dari Dokter Fadli membuat event ngejam bareng dari rumah," ucap Angga, di sela penyerahan hadiah di Kios 88 Kota Makassar, Minggu (2/8/2020) kemarin.

Meski hadiahnya tidak seberapa, ia menyebut sudah sangat membantu dirinya memenuhi sejumlah kebutuhan keluarga. Selain itu, kegiatan tersebut memotivasi dirinya untuk terus berkarya mengoptimalkan platform digital. "Saya sangat tertolong, terbantu secara ekonomi," ujar dia.

Lebih jauh, Angga bilang ide pemilik RSIA Ananda itu menggelar event musik secara virtual menunjukkan besarnya kepeduliannya terhadap dunia seni. Tak ada keraguan, bila Dokter Fadli bersama Syamsu Rizal alias Deng Ical terpilih, dunia seni Makassar akan lebih maju dan berkembang. Toh, sejauh ini hanya paket dengan akronim Dilan ini yang terbukti peduli dunia seni, khususnya industri musik Makassar.

  • Bagikan