Giliran Balusu Deklarasi ODF, Bupati Barru: Tugas Kita Mempertahankan Status Itu

Senin, 3 Agustus 2020 17:20
Belum ada gambar

Giliran Balusu Deklarasi ODF, Bupati Barru: Tugas Kita Mempertahankan Status Itu

FAJAR.CO.ID, BARRU–Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dan segenap elemen masyarakat membiasakan pola hidup bersih, patut diacungi jempol. Mengingat, usaha dan kerja keras untuk terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) kini makin nyata.

Semenjak sosialisasi stop BABS digenjot lewat koordinasi Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Barru, drg Hj Hasnah Syam MARS, hasilnya sudah nampak. Terbukti, dari tujuh kecamatan di Barru, sudah ada empat kecamatan yang dinyatakan terbebas dari BABS.

Kecamatan terbaru yang melakukan deklarasi Open Defication Free (ODF) atau bebas BABS, yakni Kecamatan Balusu. Baik pemerintah kecamatan maupun segenap elemen masyarakat, berikrar untuk mempertahankan capaian itu lewat deklarasi yang digelar di Pulau Panikkiang, Desa Madello, Kecamatan Balusu, Senin (03/8/2020).

Bupati Barru Suardi Saleh yang hadir di deklarasi ODF itu, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada segenap elemen yang mampu menjadikan Balusu terbebas dari prilaku BABS. Menurutnya, ODF ini harus dipertahankan.

“ODF ini bukan akhir dari segalanya. Tetapi tugas kita selanjutnya, adalah mempertahankan predikat ODF kedepan. Janji yang telah diucapkan bukan sekedar ucapan, melainkan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan janji tersebut,” imbau Suardi Saleh saat menyampaikan sambutannya.

Berdasarkan pantauan, deklarasi ODF ini ikut dihadiri Kapolres Barru AKBP Welly Abdillah, Ketua Forum KKS, Hasnah Syam, Sekda Barru Abustan, Anggota DPRD Syahrul Ramdhani, sejumlah pejabat di lingkup pemkab, Camat Balusu, serta lurah/kepala desa se-Balusu.

Deklarasi kali ini terasa spesial, karena dilakukan di Pulau Pannikiang yang dikenal sebagai Kawasan Mangrove, dan menjadi breakwater alami Kawasan Pelabuhan Garongkong.

Ketua Forum KKS Barru, Hasnah Syam secara terbuka menyampaikan pujian dan rasa salut atas kerjasama yang ditunjukkan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat, sehingga ODF memenuhi syarat untuk bisa dilakukan di Balusu.

Komentar

VIDEO TERKINI