Kolaborasi Dosen Unifa dan Unhas Tulis Buku Andi Abdullah Bau Massepe

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Memasuki Agustus 2020 ini, Andi Mattingaragau Tenrigau dan Andi Nur Bau Massepe menulis buku tentang Kepahlawanan Andi Abdullah Bau Massepe.

Buku yang berjudul Andi Abdullah Bau Massepe Mahkota Bagi Republik, diterbitkan Balai Kajian Tana Luwu (BKTL) kerja sama dengan Yayasan Bau Massepe.

Kedua penulis merupakan dosen, masing-masing dari Universitas Fajar dan Universitas Hasanddin Makassar.

"Motivasi penulisan buku dilatarbelakangi untuk mengenang dan menghargai perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh Andi Abdullah Bau Massepe", jelas Andi Mattingaragau Tenrigau, Selasa (4/8/2020)

Lanjut Andim sapaan Dosen Universitas Fajar bahwa Andi Bau Massepe rela mengorbankan tahta, harta, dan jiwa sekalipun demi tegaknya kemerdekaan Indonesia. Selain itu sebagai bahan kepustakaan agar dapat dibaca dan bahan referensi dalam penulisan mauipun kajian akademis maupun kajian.

"Terbitnya buku ini di bulan Agustus sebagai kado ulang tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Tentunya dengan hadirnya buku ini, memiliki arti tersendiri bagi si penulis dan disamping itu sebagai bentuk partisipasi dalam memaknai kemerdekaan Indonesia pada 2020 ini," tambah Andi Nur Bau Massepe Dosen Universitas Hasanuddin.

Buku ini telah ditulis sejak akhir 2013 lalu dan baru kali ini diterbitkan. Berbagai hal yang menyebabkan ketelambatan penerbitan. Secara kuantitatif, terbitan perdana ini masih dalam jumlah terbatas dan hanya diperuntukan untuk kalangan tertentu saja.

"Ke depan, buku ini rencananya akan digandakan guna memenuhi kebutuhan literasi publik baik untuk kebutuhan kepustakaan, kajian akademis, maupun bacaan publik," tutup Andim. (rls/fajar)

  • Bagikan