Pantau Kondisi Warga Terdampak Bencana, Sekda Lutra Sisir Wilayah Bantaran Sungai Rongkong

  • Bagikan

Fajar.co.id, Luwu Utara -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Ir. H. Armiady, M.SI., bersama Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Ir. H. Muslim Muhtar, M.Si., menyisir beberapa wilayah terdampak banjir bandang yang menerjang tiga sungai pada 13 Juli 2020 lalu, masing-masing sungai Rongkong di Sabbang, sungai Radda di Baebunta dan sungai Masamba di Masamba.

Penyisiran dilakukan di desa Beringin Jaya kecamatan Baebunta Selatan, Rabu (5/8/2020). Sekda Armiady juga didampingi Camat Baebunta Selatan, Muhammad Yamin, dan Kepala Desa Beringi Jaya. “Atas petunjuk Bupati sebagai Komandan Penanganan Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor, pak Sekda selaku ex officio Kepala BPBD langsung menyisir kondisi wilayah di bantaran sungai Rongkong,” kata Kalaksa BPBD, Muslim Muhtar.

Muslim menambahkan, Sekda juga meninjau kondisi warga dan infrastruktur yang ada di kecamatan tersebut, khususnya di desa Beringin Jaya. “Salah satu infrastruktur yang jadi perhatian adalah jembatan gantung yang ada di desa Beringin Jaya,” sebut Muslim. Masih Muslim, jembatan tersebut menjadi sarana vital warga di dua desa, masing-masing di Beringin Jaya dan Lembang Lembang yang terancam tergerus arus sungai Rongkong.

Sebagai langkah antisipatif, pemerintah daerah kabupaten Luwu Utara untuk sementara waktu menyediakan perahu sebagai sarana penyebrangan bagi warga di dua desa tersebut.

“Semoga dengan adanya sarana transportasi berupa perahu, aktivitas warga di desa Beringin Jaya dan Lembang Lembang tetap berjalan normal seperti biasanya,” harap Muslim. (rls)

  • Bagikan