Kodam XIV Hasanuddin Gelar Apel Pasukan Operasi Covid-19, Prof Rudy: Momentum Sangat Baik

  • Bagikan

Sementra Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin mengapresiasi langkah TNI-Polri dalam menekan penyebaran Covid-19. Ia menjelaskan, meskipun angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 mulai menujukkan penurunan, ia meminta semua pihak tidak boleh lengah.

"Kita selalu ingatkan penurunan ini, bukan membaut kita semakin lengah, justru semaki ketat. Sehingga apel ini menjadi momentum yang sangat baik untuk bisa menjamin keberhasilan-keberhasilan yang sudah kita lakukan semenjak perwali kita laksanakan," kata Prof Rudy.

Prof Rudy menambahkan, penegasan protokol kesehatan ini akan menggiring masyarakat untuk menjadikan Protokol Kesehatan Covid-19 menjadi suatu kebiasaan. Bukan lagi menjadi keterpakasaan di tengah masyarakat.

"Kalau sudah menjadi kebiasaan. Insyaaalah kita akan siap memasuki new normal. Tradisi baru, kebiasaan baru, dan gaya hidup baru," katanya.

Ia menjelaskan, dalam penegakkan Perwali Nomor 36 tahun 2020, pihaknya senantisa menerapkan dengan cara-cara humanis dan persuasif. Jika ditemukan melanggar, warga hanya dikenakan sanksi sosial.

"Untuk membuat masyarakat kita sadar, kita terus melakukan sosialiasi dengan cara-cara humanis. Jika ditemukan melanggar, kita beri sanksi sosial seperti membersihkan ruang publik atau menerapkan rapid test random," pungkasnya. (rls/fajar)

  • Bagikan