Sudah Overload, TPA Antang Bakal Dipindahkan ke Pattallassang

Selasa, 11 Agustus 2020 15:14
Belum ada gambar

TPA Antang

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala atau TPA Antang akan segera dipindahkan ke Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan pemindahan lokasi tersebut ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bidang cipta karya.

“Sudah saatnya TPA (Antang) direlokasi. menyusul tempat yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas atau overload. Selain itu, mengganggu kenyamanan warga yang bermukim di sekitarnya, karena menimbulkan bau busuk,” katanya, Selasa (11/8 2020).

Menurut Rudy, Kota Makassar yang masuk kategori kota metropolitan, seyogyanya sampah konvensionalnya itu harusnya sudah tidak ada lagi.

Apalagi di tengah pemukiman. Olehnya, melalui kementerian, Pemkot Makassar meminta dukungan tentang tempat pembuangan tempat sampah baru.

Bahkan, lanjut Rudy, Sejumlah investor disebut tertarik menggarap proyek tersebut. Sementara lahan TPA yang baru telah memenuhi persyaratan untuk tempat pembuangan sampah terpadu sekaligus sebagai tempat pengelolaan serta pengolahannya.

“Sementara beberapa investor yang siap untuk melakukan pengolaan sampah kita di kawasan patalassang. Mudah-mudahan jadi, tapi bahwa investor masuk, itu perlu dukungan masyarakat, kadang kala hambatan kecil membuat investor banyak halangan untuk masuk,”jelasnya.

Rudy menambahkan, nantinya TPA di Pattallassang akan dibuat sebagai pusat industrialisasi pengolahan sampah. Sejumlah daerah yang masuk dalam kawasan regionala Mamminasata, seperti Makassar, Takalar, dan Maros akan membuang sampat di tempat tersebut.

“Alhamdulillah, ini kan Maminasata yah, ini nanti merupakan tempat pengelolaan sampah akhir meninasata di situ Gowa juga ikut. Gowa, Takalar, Maros, dan Makassar,” imbuhnya.

Rudy menambahkan, lahan di Kecamatan Pattallassang yang akan digunakan sebagai TPA regional telah siap pakai. seiring adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

Komentar

VIDEO TERKINI