Dua Mobil PCR Mulai Beroperasi, Sejam Bisa Uji 8 Sampel

Rabu, 12 Agustus 2020 13:56
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Sesuai janji Pemerintah Provinsi Sulsel, dalam hal ini Gugus Tugas Penanganan Covid 19 yang akan menghadirkan 2 unit mobil PCR di Sulawesi Selatan, kini terealisasi. 2 unit mobil PCR dengan total harga Rp. 7 miliar itu, kini mulai beroperasional.

Diketahui, 1 unit akan ditempatkan di kabupaten/kota untuk memudahkan pemeriksaan swab dan 1 unit lainnya akan diposisikan di rumah sakit gawat darurat.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan pihaknya telah menyiapkan 5 orang sebagai tenaga dalam penanganan mobil tersebut.

“Jadi ada driver, kapten dan 3 petugas yang akan bekerja di dalam mobil PCR itu,” ucapnya saat ditemui di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (12/8/2020).

Ia membeberkan, dalam sejam mobil PCR tersebut mampu menghasilkan 8 sampel. “Sekitar 8 sampel kira-kira 1 jam sudah bisa selesai,” bebernya.

Sementara, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menuturkan dengan adanya mobil PCR mampu membantu Gugus Tugas dalam mengeluarkan dengan cepat hasil swab tes masyarakat yang terdeteksi.

“Saya kira ini penting sekali, terutama dalam rangka menentukan status orang-orang yang sementara dirawat, tidak ada alasan lagi kalau hasil tes itu lama keluarnya,” ungkap Nurdin.

Menurutnya, testing dan tracing yang masif dilakukan dapat lebih ditingkatkan. Mengingat Sulsel memiliki mobil PCR yang bersifat mobile.

Meski baru 2 unit, lanjut Nurdin, fasilitas tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin dan berharap kedepannya mendapat bantuan tambahan dari Pemerintah Pusat. (Anti/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI