Guru Besar UNM Ini Masuk Sekolah Beri Pelatihan Menulis Puisi

Rabu, 12 Agustus 2020 22:11
Belum ada gambar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam rangka menjalankan tridarma perguruan tinggi, dalam hal ini pengabdian kepada masyarakat, Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Anshari turun langsung ke lokasi pengabdian untuk memberikan pelatihan menulis kreatif puisi.

Bersama dengan timnya, yakni Dr Kembong Daeng, dirinya melatih sebanyak 20 siswa SMAN 20 Pinrang yang berlokasi di Kecamatan Lembang.

Kegiatan itu dilaksanakan secara daring dan luring sepanjang bulan Agustus.

Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia itu menuturkan, pelatihan menulis puisi ini tidak sekadar untuk membantu siswa menyerap ilmu pengetahuannya, tetapi juga akan diaplikasikan dalam kehidupan.

“Menulis puisi itu sama dengan memotret realitas. Jadi pelatihan menulis puisi ini sangat penting bagi siapa saja,” pungkas Doktor Jebolan Universitas Negeri Malang ini, Rabu (12/8/2020).

Sementara itu, Dr Kembong Daeng menuturkan, dalam melatih menulis kreatif siswa, dirinya menggunakan berbagai macam pendekatan, salah satunya metode Student Centered Learning (SCL) .

“Saya rasa, untuk mengajar siswa menulis puisi di daerah metode SCL sangat penting. Karena metode ini serupa untuk pembelajaran transformatif yang memiliki beberapa jenis cara pembelajaran yang dapat dilakukan secara bergantian sesuai dengan materi atau kondisi namun tetap berpusat pada siswa. Siswa diberi ruang untuk mengeksplorasi masalah” terang Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Daerah UNM ini.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof Bakhrani Rauf yang membuka secara langsung program kemitraan masyarakat menuturkan bahwa sepanjang pengabdian itu membawa perubahan signifikan bagi masyarakat itu adalah salah bukti kita telah bekerja.

“Menyambung apa yang disampaikan Pak Rektor, saya ingin sampaikan bahwa jangan sampai kegiatan yang baik ini justru terhalang karena pandemi. Malahan dalam situasi seperti ini kita akan terus berkreasi dan berinovasi,” Harapnya saat membuka kegiatan program kemitraan masyarakat ini.

Komentar

VIDEO TERKINI