Dosen FKM UMI Ajak Ibu-ibu Tanam Bayam di Pekarangan Rumah untuk Dibuat Camilan

Jumat, 14 Agustus 2020 09:55

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Belum banyak yang mengetahui bahwa bayam sangat banyak memiliki manfaat. Diantaranya dapat diolah sebagai kripik. Pengolahan Kripik berbahan bayam belum banyak masyarakat yang mengetahui, sebab warga mengetahui bahwa bayam hanya bisa diolah menjadi sayuran saja.

Untuk itu, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan melaksanakan pengabdian masyarakat di Kampung Parang, perkampungan bersebelahan Perumasan Dosen Unhas daerah Tamalanrea.

Dalam hal ini targetnya yakni ibu-ibu. Melihat kebanyakan ibu- ibu tidak mempunyai pekerjaan tetap, sedangkan suaminya pada umumnya buruh/tukang bentor dengan penghasilan rata-rata Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000. Tingkat pendidikan warga di Kampung Parang kebanyakan wajib belajar 9 tahun (tamat SMA), sehingga pengetahuan mereka rendah.

Ini disebabkan dikalangan mereka terdapat 40 % nikah dini, sehingga anak-anak mereka mengalami putus sekolah. Terdapat beberapa warga menjadi tuan tanah disekitar Kompleks Perumahan Dosen Unhas, sehingga pemukiman mereka memiliki pekarangan yang cukup luas untuk mebudidayakan tanaman sayuran (bayam, kelor, kangkung).

Dosen FKM UMI, Nurbaety mengatakan mengkomsumsi sayur bayam sangat baik bagi kesehtan tubuh, sebab bayam mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Adapun kandungan vitamin yang dimiliki bayam mulai dari vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin K.

“Mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium dan sodium,”ucapnya.

Lanjut Dra Nurbaety, untuk memberikan edukasi mengenaintanaman bayam, peran serta pihak-pihak terkait untuk memberikan masukan kepada masyarakat (majelis ta’lim) dalam membudayakan mengkomsusi bayam melalui pengolahan kripik, terutama bagi anak-anak yang enggan makan sayuran hijau.

Variasi pengolahan sayuran sangat dibutuhkan bagi masyarakat khususnya ibu rumah tangga agar keluarga bisa sehat, mengingat tanaman bayam sangat mudah dibudidayakan di pekarangan rumah dan jangka waktu yang singkat bisa dipanen.

Komentar