Tetap Eksis di Tengah Modernitas, Komunitas Sepeda Tua Rayakan HUT RI dengan Keliling Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Makassar (Kostum) ikut merayakan HUT ke-75 RI. Dengan sepeda tua dan kostum ala pejuang, anggota komunitas ini berkeliling Kota Daeng.

Para komunitas sepeda tua ini menolak menyerah di tengah gempuran perkembangan zaman dan menjamurnya sepeda lipat. Apalagi saat ini tren bersepeda memang sedang meningkat di tengah pandemi Covid 19.

Para anggota komunitas sepeda tua Makassar ini berkumpul di Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar. Selanjutnya, mereka memulai perjalanan berkeliling kota.
Senin (17/8/2020) sekitar pukul 16.00 Wita,

"Merdeka, merdeka, merdeka!" teriakan ini terus bergema sepanjang perjalanan. Para warga juga ikut membalas dengan teriakan dan semangat yang sama.

Dari Monumen Mandala, para anggota komunitas ini mulai berkeliling dengan cara melintas di Jalan Sam Ratulangi, lalu ke Jalan Pajonga Daeng Ngalle, Jalan Gagak, Jalan Rajawali, kawasan Pantai Losari, ke Jalan Penghibur, Jalan Pasar Ikan, hingga berakhir di Taman Macan.

Aura perjuangan memang tampak dari para anggota komunitas ini berkeliling. Pasalnya, mereka tak hanya memakai sepeda tua dan kostum ala pejuang. Helm perang dan senjata yang dipakai membuat aura perjuangan mengental. Perayaan HUT RI ini juga makin mantap dengan bendera merah putih yang berkibar di sepeda masing-masing.

Ketua Kostum Daeng Oncel mengatakan rute pawai kali ini dikurangi mengingat saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Pada tahun-tahun sebelumnya kita juga ke makam pahlawan seperti di makam Pangeran Diponegoro kemudian Sultan Hasanuddin atau ke (Monumen) korban 40 ribu jiwa," ucapnya saat ditemui pasca-berkeliling kota.

  • Bagikan